Wajib Pajak Orang Pribadi Bisa Lapor SPT Dengan e-Filing

“e-Filing adalah sistem pelaporan SPT dengan menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi WP dalam pengisian dan penyerahan laporan SPT.”

Sebuah rilis yang dipublikasikan pada situs resmi DJP menyebutkan:

Wajib pajak (WP), khususnya orang pribadi, tidak perlu lagi repot-repot datang dan antre di KPP untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Sebagai gantinya mereka bisa menyampaikan SPT secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-Filing yang disediakan secara online oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Manfaat Menggunakan e-Filing

Dengan menggunakan e-Filing, Wajib Pajak Orang Pribadi tak perlu lagi datang ke KPP dan antre untuk menyampaikan SPT seperti tahun-tahun sebelumnya.

Disamping tak perlu datang dan antre di KPP, ada setidaknya 3 manfaat utama lainnya yang didapatlan WPO dengan menggunakan e-Filing:

  • Pertama, tak perlu formulir. WPO tinggal masuk keefiling.pajak.go.id. Begitu masuk langsung disuguhi formulir online yang siap diisi (seperti nampak pada gambar dashboard di sebelah kiri ini)
  • Kedua, mengisi SPT jadi lebih mudah. Dengan wizard online yang disediakan, WP dipandu mengisi SPT selangkah demi selangkah, sehingga kemungkinannya menjadi salah sangat rendah. Penghitungan melalui e-Filing juga dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem computer.
  • Ketiga, kemungkinan SPT ditolak nyaris tak ada. Dengan menggunakan e-filing, SPT yang masuk otomatis lengkap, karena semua kelengkapan (seperti Fotokopi Formulir 1721 A1/A2 atau bukti potong PPh, SSP Lembar ke-3 PPh Pasal 29, Surat Kuasa Khusus,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *